Hattrick…Salatiga Kembali Raih WTP

DPRD SALATIGA – Pemerintah Kota Salatiga untuk ketiga kali nya mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Salatiga Tahun Anggaran 2018.

Penyerahan opini WTP dilakukan oleh Ketua BPK RI Perwakilan Jateng Ayub Amali kepada Walikota Salatiga Yulianto,SE.MM  di dampingi Sekretaris Komisi B DPRD Kota Salatiga Sarmin,Spd di Kantor Perwakilan BPK Semarang pada Selasa 28 Mei 2019.

Hadir dalam acara tersebut Sekda Kota Salatiga Drs.Fakruroji, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Salatiga Adi Isnanto,S.Sos.M.Si, Inspektur Kota Salatiga Ir. Kurnia Hardjanti,M.Si, Sekretaris DPRD Kota Salatiga Sri Wityowati,SE. Selain Kota Salatiga diserahkan juga Opini WTP untuk 26 entitas di Jawa Tengah.

Secara keseluruhan tahun 2019 ini lebih banyak daerah yang mendapatkan opini WTP daripada yang WDP ini merupakan prestasi tersendiri bagi kabupaten kota di Jawa Tengah. Ada 26 Kabupaten Kota yang menerima WTP dari 35 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Ke- 26 Kabupaten/Kota tersebut diantaranya Kota Semarang,Kota Salatiga,Kota Magelang,Kota Tegal, Kota Pekalongan, Kab Kudus,Kab Demak, Kab Jepara,Kab Rembang, Kab Boyoali, Kab Klaten, Kab Wonogiri, Kab Grobogan, Kab Banjarnegara, Kab Cilacap,Kab Kebumen, KabPurbalingga, Kab Magelang, Kab Purworejo, Kab Temanggung, Kab Banyumas, Kab Tegal, Kab Pekalongan dan Kab Pemalang.

Ayub Amali dalam sambutannya mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini kewajaran penyajian Laporan Keuangan (LK).Opini kewajaran diberikan berdasarkan dengan 4 kreiteria yakni kepatutan terhadap peraturan perundang-undangan, efektivitas pengendalian system internal, penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, dan pengungkapan yang cukup.

“ Proses audit oleh pemeriksa BPK ibarat memotret jika objek yang dipotret bagus maka hasil dari pemeriksa juga akan bagus,selanjutnya pemberian opini ini memberikan manfaat bagi lingkungan masyarakat daerah masing-masing.” kata Ayub Amali.

Selanjutnya menurut Ayub Amali bahwa BPK Perwakilan Jawa Tengah akan melakukan kegiatan pemeriksaan dan pemantauan semester II tahun 2019 yang meliputi pemeriksaan LKPD Tahun Anggaran (TA) 2019, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu.