Ir. Hj. Diah Sunarsasi

Ir. Hj. Diah Sunarsasi, merupakan sosok yang kalem mengesankan dan memiliki keanggunan tersendiri. Perawakan sosok tinggi semampai yang lekat dalam gerak tubuhnya, ditambah dengan senyumnya yang  hangat setiap menyapa lawan bicaranya, membuat lebih terkesan dekat dengan masyarakat. Baginya, gelar bukanlah penghalang bagi siapa saja yang ingin berbicara dan bertukar pikiran dengannya.

Ibu yang lahir di Nganjuk 25 Juli 1960 ini adalah istri dari bapak Ir. H. Mifta Hudin Afandi, SE, SH, MH. Beliau menjadi anggota DPRD Salatiga adalah karena Salatiga merupakan kota kelahiran suaminya. Tujuannya agar lebih dekat dengan orang tua dan dapat mengabdi bagi warga Salatiga.

Riwayat pendidikannya dimulai dari SD N Bareng Malang, SMP N I Malang, SMA N I Malang dan lulus sebagai Insinyur dari Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Sebelum menjadi anggota DPRD, beliau menjadi Wakil Walikota Salatiga. Untuk karier organisasi berjajar pada dirinya, mulai dari sekretaris seksi kesejahteraan Dharma Wanita Unit Kehutanan Jawa Timur, Ketua Dharma Wanita Perhutani Jatirogo, Ketua Yayasan Bina Wana Kencana Jatirogo, dan menjabat posisi sama di kota Kediri serta Probolinggo. Kemudian juga menjabat bendahara BKKKS Jawa Tengah yang diketuai isteri gubernur.

Sampai saat ini ibu Diah Subarsasi dikaruniai Tuhan 3 anak yang pandai dan berprestasi. Putra pertama Erwin Saspraditya telah sukses menjadi dokter diusia 25 tahun, Putri kedua Rithma Sasvihayana (23) juga akan segera menamatkan kuliahnya di Fakultas Kedoteran Universitas Indonesia. Dan putri terakhir Hilda Sasdyanita (15) sedang study di SMUN 78 Jakarta.

Modal kesuksesan membina keluarga merupakan modal besar dalam meraih asanya. Bapak Soenardi (alm) dan ibu Soewarni telah menerapkan pola asuh yang membesarkan jiwa ibu Diah Sunarsasi. Peran kedua orang tua tersebut sangat berpengaruh dalam setiap pengambilan keputusan untuk menentukan jalur hidup.

Dengan berbekal pengalaman Ibu diah Sunarsasi ingin melakukan hal yang terbaik untuk Kota Salatiga.  Ibu dengan hoby olah raga ini memang sudah dididik dan dilatih untuk mandiri semenjak kecil oleh kedua orang tuanya, dengan begitu ibu wakil DPRD ini benar-benar berbeda dengan wanita kebanyakan.

Dengan motto hidup “jalani hidup ini apa adanya” adalah motivasi diri ibu Diah dalam mengarungi perjalanan hidup. Dengan motto tersebut membawa dirinya dalam kesahajaan.

Ibu Diah dalam menjalankan pekerjaanya selalu menggunakan pola kepemimpinan yang akomodatif, bahkan lebih menonjolkan kebersamaan dengan mitra kerjanya.(ss)


Profil Ir. Hj. Diah Sunarsasi

Tempat Lahir / Tgl Lahir 

Agama                             

Jenis Kelamin                 

Status Perkawinan         

Nama Suami                   

Alamat tempat tinggal

·      Nganjuk / 25 Juli 1960 / 53 tahun

·      Islam

·      Perempuan

·      Kawin

·      Ir. H. Mifta Hudin Afandi, SE, SH, MH

·      Perum Salatiga Permai Gg III No. 15 Salatiga

Riwayat Pendidikan

 

·      Tahun 1973 : Lulus SD N Bareng Jl.kawi selatan 20 Malang

·      Tahun 1975 : Lulus SMP N I Malang Jl. Lawu Malang

·      Tahun 1979 : Lulusan SMA N I Malang, Jl. Tugu Utara 1 Malang

·      Tahun 1984 : Lulus Fakultas Pertanian Unisula Brawijaya, Malang

Riwayat Organisasi

 

·      Tahun 1989 – 2007

Ketua Darmawanita di Jati Rogo Tuban

Ketua Yayasan Tunas Rimba di Jati Rogo Tuban

·      Tahun 2004 – 2005

Bendahara Koordinasi kerjasama kesejahteraan sosial Provinsi Jawa Tengah

·      Tahun 2010

Ketua Yayasan Tunas Rimba Jawa Timur

·      Tahun 2010 – 2013

Ketua HKTI Kota Salatiga

·      Tahun 2012 – Sekarang

Ketua DPC Paratai Gerindra Salatiga

Riwayat Pekerjaan

 

·      Tahun 2008 – 2011 : Wakil Walikota Salatiga