Ketua DPRD dan Komisi B DPRD Kota Salatiga meninjau Mall Pelayanan Publik (MPP) Smart Kota Salatiga pada Jumat (26/03/2021).
Mall Pelayanan Publik Smart Kota Salatiga terletak di Jalan Pemuda No. 2 Kota Salatiga yang merupakan kantor dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Salatiga dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Salatiga
Berkenan hadir pada kegiatan tersebut Ketua DPRD Dance Ishak Palit,M.Si beserta Ketua dan anggota Komisi B DPRD Kota Salatiga dan didampingi Kepala DPMPTSP Kota Salatiga Drs. Susanto dan Kepala Disdukcapil Kota Salatiga Drs. Noegroho A Setijono.
Dalam kesempatan tersebut Dance Ishak Palit meninjau secara langsung proses pelayanan di MPP Kota Salatiga dari mulai pendaftaran hingga warga masyarakat mendapatkan pelayanan yang diinginkan.
Ketua DPRD dan Komisi B mendatangi beberapa stand pelayanan dan fasilitas yang terdapat pada MPP serta menanyakan sejauhmana antusiasme masyarakat terhadap adanya MPP ini.
MPP Kota Salatiga menyediakan 195 pelayanan baik perijinan maupun non perijinan dengan 21 instansi baik yang berasal dari Pemkot Salatiga, Pemprov Jawa Tengah, instansi vertikal, BUMN/BUMD serta perbankan.
Menurut Drs. Susanto, sejak diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB ) Tjahyo Kumolo pada 19 Maret 2021 yang lalu memang belum banyak warga yang datang ke MPP Kota Salatiga mengingat masih dalam masa pandemi Covid19.
Menanggapi hal tersebut Bung Dance meminta MPP untuk lebih mengedepankan regristrasi pelayanan secara online sehingga warga yang datang tidak terlalu lama dalam mengurus sesuatu dan datang ke MPP hanya untuk mengambil hasil dari pelayanan yang disediakan oleh MPP.
Saat meninjau di stand Disdukcapil, Ketua DPRD dan Komisi B DPRD Kota Salatiga menanyakan kendala yang dihadapi oleh Disdukcapil dalam pelayanan kepada masyarakat mengingat Disdukcapil merupakan OPD yang sangat krusial dalam pelayanan kepada masyarakat.
Drs. Noegroho A Setijono menjawab bahwa pihaknya mengalami kekurangan personel baik yang ASN maupun Non ASN mengingat antusiasme warga yang mengurus surat-surat kependudukan di Disdukcapil kota Salatiga.(wj)



